Sabar OM masih Loading...
Orang sabar disayang Janda :-)
Ayo OM Bantu Like & Follow Fanspage Realsht.mobi Please lah OM

Mengenal Lebih Jauh Blind Spot, Si Sumber Malapetaka Saat Liburan, Beserta Cara Menghindarinya

   Halo Sobat Traveler! Kembali lagi di blog . Kali ini saya akan menulis terkait Blind Spot. Mungkin diantara kalian ada yang belum mengetahui apa itu Blind Spot. Jadi saya akan menulis tentang serba-serbi Blind Spot, pengertiannya, beserta tips cara menghindarinya.



Yuk kita simak penjelasannya bersama!

Apa sih Blind Spot itu?
Sumber: https://motorisblog.com
Blind Spot adalah suatu keadaan dimana seseorang tidak dapat melihat kendaraan di sekitarnya. Blind Spot ini ibarat titik buta saat pengemudi kendaraan tidak dapat melihat kendaraan lain di sekitar area kendaraannya.

Blind Spot merupakan suatu keadaan yang sangat berbahaya untuk pengemudi kendaraan beroda empat atau lebih. Dikarenakan mereka tidak dapat melihat kendaraan lain.

Berikut adalah area Blind Spot yang wajib diwaspadai pada kendaraan beroda empat:
Sumber: https://www.economical.com
Berdasarkan pada gambar diatas, maka kita dapat memahai bahwa titik atau area Blind Spot pada mobil ada pada bayangan hitam bertuliskan BLIND SPOT, yaitu ada di samping kanan dan kiri bodi mobil. Bayangan tersebut merupakan titik yang tidak dapat dijangkau oleh mata pengemudi mobil.

Sedangkan berikut ini adalah area Blind Spot pada kendaraan truk:
Sumber: https://www.fuso.com
Berdasarkan pada gambar diatas, maka kita dapat memahami bahwa titik atau area Blind Spot pada truk ada pada bayangan merah, yaitu ada di depan bodi truk, samping kanan dan kiri bodi truk, serta pada bagian belakang bodi truk. Bayangan tersebut merupakan titik yang tidak dapat dijangkau oleh mata pengemudi truk.

Blind Spot wajib kita waspadai dan kita hindari, lantaran Blind Spot merupakan sebab terjadinya banyaknya kecelakaan lalu lintas yang terjadi. Banyak pengemudi mobil yang berada di area Blind Spot truk, lalu sang pengemudi truk juga tidak melihat ada kendaraan yang lebih kecil melintas di area Blind Spot, maka kecelakaan pun takkan terhindari.

Nah, bila sudah paham apa itu Blind Spot, langkah selanjutnya yang perlu kita ketahui adalah cara menghindari Blind Spot.

Cara Menghindari Blind Spot

1. Kurangi Kecepatan Berkendara
Sumber: https://poskotanews.com
Laju kendaraan dapat menjadi penyebab terjadinya Blind Spot. Jika pengemudi mengemudikan kendaraannya dengan kecepatan diatas rata-rata, maka tak hanya kecelakaan yang akan menghampirinya, namun juga bisa menghilangkan nyawa seseorang.

Selain itu juga, mengemudikan kendaraan diatas batas normal berkendara akan menyebabkan konsentrasi kamu berkurang. Pandangan kamu dalam melihat sekeliling akan menjadi terganggu.

2. Menguasai Medan Jalan
Sumber: http://ngelancong.com/
Sebelum memulai perjalanan, ada baiknya kamu sudah harus menguasai medan jalan yang akan dilalui terlebih dahulu. Sebab hal ini akan mengurangi jumlah angka resiko terjadinya kecelakaan.

3. Maksimalkanlah Kaca Spion Kendaraan
Sumber: https://garasi.id
Kaca spion dapat meminimalisasi area Blind Spot. Keberadaannya sangat dibutuhkan oleh pengemudi agar dapat melihat kendaraan lainnya di sekitarnya.

Kamu dapat mengatur kaca spion dengan benar. Seperti memosisikan letak kaca spion yang pas, jangan sampai tidak terlihat oleh pengemudi.

4. Manfaatkanlah Keberadaan Co-Driver
Sumber: https://oto.detik.com
Apa itu Co-Driver? Co-Driver adalah orang yang duduk di sebelah pengemudi kendaraan. Keberadaannya dinilai sangat penting untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Co-Driver bertugas untuk mengecek situasi di sekitar kendaraan. Mintalah bantuan Co-Driver ketika kendaraanmu mau berbelok, misalnya Co-Driver membuka jendelanya dan melihat situasi, atau Co-Driver pergi keluar untuk memantau situasi.

5. Ketika Ingin Berbelok, Selalu Gunakan Lampu Sein
Sumber: https://beritagar.id
Selalu ingat menggunakan lampu sein ketika ingin berbelok. Karena lampu sein berfungsi sebagai penanda untuk kendaraan di belakangnya bahwa kendaraan tersebut akan berbelok.

Dengan menggunakan lampu sein saat akan berbelok, maka pengemudi lain di belakangmu akan menjaga jarak dan sudah siap untuk mengerem. Jangan tiba-tiba menggunakan lampu sein ya, karena khawatir akan mengagetkan pengemudi di belakangmu.

Demikian, tips traveling singkat kali ini. Semoga kita tetap terhindar dari malapetaka ketika liburan, agar perjalanan kita menjadi aman, nyaman, dan menyenangkan. Oke, sampai jumpa di artikel berikutnya!

Salam Traveler!

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Lebih Jauh Blind Spot, Si Sumber Malapetaka Saat Liburan, Beserta Cara Menghindarinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel