Sabar OM masih Loading...
Orang sabar disayang Janda :-)
Ayo OM Bantu Like & Follow Fanspage Realsht.mobi Please lah OM

6 Alasan Kenapa Seorang Traveler Harus Mempunyai Travel Blog

  Halo Sobat Traveler! Kebanyakan orang Indonesia melakukan traveling hanya begitu-begitu saja. Mengunjungi tempat tujuan wisata, foto-foto, pulang, kemudian upload di media sosial. Mereka tidak kepikiran membuat sebuah blog, untuk kemudian mereka menuliskan sesuatu didalamnya.

Mengapa mereka tidak menceritakan cerita traveling mereka dalam sebuah blog? Bukankah lebih baik mereka menulis cerita traveling mereka, kemudian artikel tersebut diterbitkan. Bukankah itu lebih bermanfaat ketimbang hanya disimpan di galeri?
Sumber: https://www.bairuindra.com
Menurut saya, traveling itu adalah suatu proses mencari jati diri yang sesungguhnya, yang akhirnya menghasilkan sebuah karya. Karya tersebut dapat berupa banyak hal, misalnya saja menjadi sebuah artikel dalam blog atau bisa berupa sebuah foto dari hasil traveling.

Akan tetapi, mereka hanyalah sebatas upload foto traveling mereka di media sosial. Yang sudah pasti foto-foto mereka akan tenggelam di linimasa karena ada banyak juga orang yang share foto. Daripada tenggelam di linimasa, lebih baik diceritakan kembali dalam sebuah travel blog.

Nah, berikut ini saya memiliki 6 alasan mengapa seorang traveler harus dan wajib mempunyai travel blognya sendiri. Yuk, dibaca sampai selesai!

1. Bisa Menjadi Pengingat Jika Kamu Lupa
Sumber: lifestyle.kompas.com
Dulu, sewaktu saya masih belum mengenal dunia blog, saya jalan-jalan ya biasa saja. Sama seperti orang kebanyakan, mendatangi tempat wisata, foto-foto, pulang. Sesederhana itu. Namun lain halnya ketika saya mulai mengenal dunia blog. Semuanya terasa berbeda.

Saya menyesal hanya memposting foto-foto traveling (yang mayoritas hanya berisi wajah dan tubuh saya, tanpa ada pemandangan alamnya) saya di media sosial. Mengapa saya tidak menulisnya menjadi sebuah konten untuk mengisi blog ini?

Dan sekarang ketika saya mulai aktif traveling, saya tidak pernah lupa lagi kisah traveling saya, dan saya selalu menuliskannya di blog ini. Alhamdulillah bisa memenuhi blog ini.

2. Bisa Menjadi Penyemangat untuk Kita, Ketika Kita Tidak Bisa Traveling
Sumber: edukasi.kompas.com
Pernah gak sih, ketika kamu sudah mulai disibukkan dengan rutinitas pekerjaan sehari-hari (bekerja, sekolah, dll), tiba-tiba di lubuk hati paling dalam (halahhh...) ada secuil rasa kangen ingin traveling lagi, menikmati keindahan alam, rindu dengan birunya pantai, dinginnya udara gunung, dan lain sebagainya? Pernahkah kamu merasakan hal seperti itu?

Nah, kalau begitu bagaimana kita bisa menyemangati diri sendiri agar tetap semangat menjalani kehidupan? Travel blog bisa menjadi solusinya. Kamu cukup membuka artikel-artikel lama dan membacanya satu per satu, atau bisa juga membalas komentar-komentar para pengunjung blog.

Setidaknya dengan membuka artikel-artikel lama blog kita, dapat memberikan semangat untuk melewati beban pekerjaan yang sedang melanda kita, agar kita dapat bertemu dengan traveling berikutnya.

3. Menulis Blog Bisa Menjadi Sarana untuk Berbagi Sekaligus Pamer kepada Teman-Teman
Sumber: kumparan.com
Ya, tidak dapat dipungkiri. Ketika baru pulang dari melakukan traveling, seperti ada rasa bangga sekaligus ingin pamer kan di media sosial? Update status, "Guys, gue sudah pernah lho kesini." atau membagikan foto-fotomu selama traveling.

Dulu saya juga seperti ini. Setelah pulang jalan-jalan, kerjaan saya pasti langsung online media sosial dan langsung upload foto-foto kegiatan saya selama disana. Berharap banyak like dan mendadak jadi selebgram dan tenar (ngarep!).

Namun lama-lama, saya menyadari. Untuk apa sih hanya share foto-foto gak penting itu? Mana isi fotonya muka saya sendiri lagi. Dari 100% total seluruh foto, pemandangan alam yang dapat dilihat hanya bersisa 5%. Yap, dahulu saya sangatlah manusia yang norak dan sok eksis tingkat dewa.

Nah, setelah itu saya sadar bahwa apa yang saya lakukan ini tidak berguna. Ya mungkin penting lah menyimpan foto di galeri, namun akan lebih indah bila ditambahkan dengan kata-kata dan di posting di blog kan? Kan jadi berasa gimanaaa gitu.

4. Travel Blog adalah Modal untuk Bercerita Kepada Anak & Cucu
Sumber: kompasiana.com
Nah, selain itu juga, dengan memiliki travel blog juga akan berperan menjadi modal untuk kita bercerita kepada anak dan cucu kita nanti. Kapan kita akan punya? Sabar, insya Allah nanti akan ada waktunya :D

Nah, siapa tau nanti kita bisa menunjukkan travel blog kita ke anak dan cucu, sambil tersenyum bangga mengatakan, "Dahulu Bapak/Kakek pernah menginjakkan kaki disini."

Waduuuh seperti ada rasa-rasa bahagia sekaligus bangga gitu di hati sendiri. Siapa yang gak kepengen sombong seperti itu? Hehehe.

5. Travel Blog juga Bisa Dipakai untuk Ikutan Lomba
Sumber: www.his-travel.co.id
Waaah kayaknya asyik ya, sambil menyalurkan hobi menulis juga dapat diikut sertakan untuk mengikuti suatu lomba. Biasanya sih, berdasarkan pengalaman yang sudah pernah saya lewati, biasanya hadiah dari lomba blog seperti itu hadiahnya lumayan lho... bisa sampai dapat uang berjuta-juta (bahkan ada yang hadiahnya mendapatkan handphone & laptop lho).

Rugi banget nih yang cuma menyimpan foto-foto liburannya di galeri sampai membusuk, tidak pernah terlihat lagi. Mending dimasukkan kedalam blog, kita kreasikan ulang dengan gaya ngeblognya masing-masing. Terus, iseng-iseng saja ikutin lomba, kalo menang ya hoki namanya.

6. Dengan Rajin Menulis Blog, Siapa Tau Bisa Dijadikan Sebuah Buku
Sumber: edukasi.kompas.com
Kalau yang terakhir ini perlu menulis dengan konsisten, dan tentunya membutuhkan sedikit keberuntungan. Kalau tulisanmu bagus, dan tiba-tiba ada editor salah satu perusahaan ternama, dan dia tertarik dengan gaya bahasamu menulis, maka bukan tidak mungkin tulisanmu dijadikan sebuah buku.

Nah, bagaimana? Setelah sekian banyak pemaparan seorang traveler harus punya blog, masih maukah kamu tidak memiliki blog? Kamu bisa memulai membuat blog mulai dari sekarang! Pakailah situs penyedia blog gratisan, seperti blogger.com atau wordpress.com.

Penutup

Sebagai penutup, saya mau menampilkan sebuah kalimat yang menurut saya sangat menggugah semangat traveling saya. Silakan dibaca dan dihayati dengan hati nurani ya hehehe.
I Travel, I Took Photo, and I Write A Travel Blog!
Semoga bisa membangkitkan semangat traveling dan menulis blog ya. Karena zaman sekarang susah mencari tulisan yang benar-benar asli. Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat artikel ini ya!

Salam Traveler!

Belum ada Komentar untuk "6 Alasan Kenapa Seorang Traveler Harus Mempunyai Travel Blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel