Sabar OM masih Loading...
Orang sabar disayang Janda :-)
Ayo OM Bantu Like & Follow Fanspage Realsht.mobi Please lah OM

10 Manfaat yang Akan Kita Dapatkan Ketika Mendaki Gunung

  Halo Sobat Traveler! Pernahkah kamu kepikiran mengenai manfaat yang akan kita dapatkan ketika mendaki gunung? Apakah kamu hanya memikirkan jika kita mendaki gunung itu hanya mendapatkan lelahnya saja?


Sumber: https://www.hipwee.com
Oh itu tidak semuanya benar. Sebab dengan mendaki gunung kita akan mendapatkan banyak sekali manfaat yang sangat berguna untuk diri kita. Apa saja manfaat dari mendaki gunung? Yuk kita simak bersama!

10 Manfaat yang Akan Kita Dapatkan Ketika Mendaki Gunung

1. Melatih Kemandirian, Tidak Melulu Membutuhkan Orang Lain
Sumber: https://www.hipwee.com
Dengan mendaki gunung, maka dengan sadar atau tidak sadar kita akan membentuk suatu sikap mandiri. Mandiri itu bisa diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk menyelesaikan sendiri permasalahannya. Jadi, tidak terlalu membutuhkan pertolongan orang lain.

Sikap kemandirian ini penting untuk dimiliki oleh setiap manusia di dunia. Karena untuk mendapatkannya juga tidak mudah. Sikap kemandirian perlu diasah sedari kecil, agar dia mampu untuk menyelesaikan sendiri permasalahan yang dialaminya.

Tapi bukan berarti sama sekali tidak membutuhkan pertolongan orang lain, ada waktunya untuk kita membutuhkan pertolongan orang lain ketika di gunung, misalnya ketika mendirikan tenda bersama, memasak bersama, saling membantu dalam melewati medan area yang sulit, dan sebagainya.

2. Melatih Kesabaran Diri
Sumber: akhwatmuslimah.com
Perjalanan yang panjang serta medan area yang sangat sulit dilalui menjadi makanan sehari-hari para pendaki gunung. Mereka dilatih untuk bersabar dalam menghadapi cobaan-cobaan yang ada di depan mata.

Bagi mereka para pendaki yang sudah terbiasa mendaki gunung, mungkin mereka sudah terbiasa bersabar. Mereka menganggap cobaan-cobaan tersebut adalah suatu hal yang patut untuk dinikmati.

3. Melatih Kecermatan, Kecepatan, dan Ketelitian
Sumber: dictio.id
Dengan mendaki gunung, maka kita akan dilatih kecermatan dan ketelitiannya dalam menghadapi segala hal disana. Kamu harus teliti terhadap semua barang bawaanmu, jangan sampai ada yang rusak, hilang, ataupun tertinggal.

Selain itu kamu juga akan dilatih kecepatan gerakanmu. Istilah lainnya yaitu cepat tanggap. Misalnya, jika ada temanmu yang terjatuh, maka kamu harus cepat gerakannya untuk membantunya kembali berdiri. Atau ketika ada temanmu yang sakit, maka kamu harus cermat memilih obat yang sesuai dengan penyakit yang temanmu derita.

4. Menjadi Lebih Sehat dan Lebih Kuat
Sumber: hellosehat.com
Tak dapat dipungkiri, dengan mendaki gunung sudah jelas tubuh kita akan menjadi lebih sehat. Karena, sepanjang perjalanan kita akan terus berjalan kaki, dari kaki gunung hingga puncak gunung. Selama perjalanan itu, otot kaki kita akan terus bekerja dan bekerja. Maka, otot kaki akan menjadi lebih kuat.

Jika sudah terbiasa mendaki gunung, maka kamu berjalan sampai manapun akan kuat dan tidak cepat lelah.

5. Menumbuhkan Sikap Empati Kepada Sesama
Sumber: maxmanroe.com
Ketika naik gunung, semuanya sangat bergantung satu sama lain. Ketika di gunung, semua temanmu harus kamu anggap seperti saudara sendiri. Berlaku baiklah kepada mereka, dan bantulah mereka ketika mereka membutuhkan bantuan.

Dengan begitu, temanmu pun otomatis akan ringan tangan kepadamu. Rela membantu apapun demi kamu. Nah, kalau sudah begini, maka ikatan pertemanan akan semakin erat satu sama lain.

6. Memiliki Jantung dan Paru-Paru yang Kuat
Sumber: inspiradata.com
Kamu pasti akan merasakan jantungmu akan berdetak lebih kencang ketika mendaki. Dan nafasmu juga semakin berat. Mengapa bisa seperti itu? Karena pada saat kamu mendaki, jantung dan paru-paru kamu sedang bekerja keras. Secara perlahan, kegiatan seperti ini akan memperkuat kerja jantung dan paru-paru.

7. Stamina Tubuhmu Akan Meningkat
Sumber: sehatq.com
Dengan terbiasa mendaki gunung, maka stamina tubuhmu akan semakin meningkat. Ini disebabkan karena kamu sudah terbiasa menghadapi cuaca ekstrim dan suhu udara di gunung yang selalu berubah. Dengan begitu, stamina serta daya tahanmu akan semakin bagus.

8. Mendaki Gunung Juga Bisa Mengurangi Stres
Sumber: aladokter.com
Kinerja otak berpengaruh pada tubuh. Jika otakmu terlalu penat dan stres, maka tubuh kamu juga bisa melemah. Dengan mendaki, kamu bisa mengurangi tingkat stres pada otak.

Mengapa bisa begitu? Karena dengan bergerak dan mengeluarkan banyak keringat, dapat memberikan efek rileks kepada tubuh sehingga mampu menghilangkan stres dan akan membuatmu bahagia.

Bukan hanya itu saja, dengan melihat pemandangan indah berupa hamparan pepohonan hijau serta langit biru yang terpampang sepanjang perjalanan, akan membuatmu menjadi tenang dan tingkat stres pun akan berkurang.

9. Mendaki Gunung Bisa Mengurangi Resiko Terkena Diabetes
Sumber: pendakicantik.com
Untuk para pembaca yang tubuhnya (mohon maaf) agak gemuk, gempal, atau agak besar, jangan khawatir. Jika kamu masih ingin memiliki tubuh yang ideal atau kurus, maka dengan mendaki gunung kamu telah mendapatkan solusinya.

Lah, kok bisa? Karena dengan mendaki gunung mengharuskan kita untuk terus bergerak dan berjalan. Dengan terus berjalan, maka dapat membakar kalori dan lemak pada tubuh sebagaimana mestinya seperti berolahraga.

Maka, jika kamu masih mengharapkan tubuh yang kurus, kamu harus rutin mendaki gunung ya!

10. Dapat Mengurangi Resiko Terkena Kanker
Sumber: hellosehat.com
Dengan mendaki gunung, sepanjang jalan kita akan terus berjalan. Dengan begitu, mendaki gunung adalah suatu kegiatan yang sangat bermanfaat untuk tubuh, khususnya untuk menyembuhkan kanker (termasuk kanker payudara untuk wanita).

Para peneliti mengukur stres oksidatif yang berperan dalam perkembangbiakkan kanker pada wanita dan pada pria dengan kanker prostat. Penelitian ini dilakukan sebelum dan setelah kegiatan hiking (mendaki). Dan hasilnya pun mengejutkan! Ternyata aktivitas fisik seperti mendaki gunung mampu memulihkan serta mengobati para penderita kanker. Keren ya!

Oke, jadi sampai disini dulu ya artikel kali ini. Jadi intinya, jangan takut capek atau kelelahan ketika mendaki gunung. Ya memang bisa dikatakan benar sih, namun kita sebaiknya mengambil sisi positifnya saja.

Dengan mendaki gunung, akan ada banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan. Apalagi bagi yang mau memiliki tubuh yang sempurna.

Sampai jumpa di artikel berikutnya! Semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya.

Salam Traveler!

84 Komentar untuk "10 Manfaat yang Akan Kita Dapatkan Ketika Mendaki Gunung"

  1. Sabar OM masih Loading...
    Orang sabar disayang Janda :-)
    *GET LINK*

    BalasHapus
  2. Mohon bersabar ini ujian

    BalasHapus
  3. Kontol kok gak bisa ngentot mohon bersabar

    BalasHapus
  4. Kalo mau mod bpk smp download di lukman gg craft di yutube

    BalasHapus
  5. Gk usah subrake canel nya kontol

    BalasHapus
  6. Lahk caranta gimana nihk bg

    BalasHapus
  7. asuu.. gak bisa di download..

    BalasHapus
  8. wkwk yg ga tau Tunggu bentar, kemudian klik GET LINK ..

    BalasHapus
  9. http://185.145.131.204/mortal-kombat-2021/

    langsung aja klik ini flimnya

    BalasHapus
  10. Hmm
    Bikin puasa batal aja cokkk

    BalasHapus
  11. Makanya pandai membaca babykk

    BalasHapus
  12. mana nih dana kaget nya??

    BalasHapus
  13. CIE PADA NYARI LINK BKP 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  14. Sebegitu nya cari traffic....
    Ngibulin orang...

    BalasHapus
  15. Sange uy mana cowok gue gk online lgi😔

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ama gw aja lah ayu, cek gw gak online

      Hapus
  16. Apa cuma gue doang yang masuk link ini buat download mod bussod

    BalasHapus
  17. ☺️🙂😢😥💔🙄💕🖤🤣🤮😌🤥🥳🤢😂😄💩😅😴😎

    BalasHapus
  18. Komennya positif sekali epribadeh😂

    BalasHapus
  19. Pw nya apa yang di z archiver

    BalasHapus
  20. Makasih dah kasih info yang lumayan bermanfaat

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel